Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal adalah Masjid Nasional Republik Indonesia yang menjadi kebanggaan dan juga masjid terbesar di Asia Tenggara.
Arsitek Masjid Istiqlal Friedrich Silaban adalah seorang Kristen Protestan. Ia dipercaya sebagai arsitek masjid karena sebelumnya ia pernah Pengenalan Arsitektur Masjid memenangkan lomba desain masjid dengan ide tema “Ketuhanan” yang diselenggarakan oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. Soekarno.

Selaras dengan semboyan Indonesia “Bhinneka Tunggal Ika” yang berarti “Berbeda-beda Tapi Tetap Satu”, Masjid Istiqlal merupakan simbol toleransi antarumat beragama karena letaknya yang berseberangan dengan Gereja Katedral.

Friedrich Silaban dalam proses mendesain Masjid Istiqlal, ia memasukkan simbol-simbol yang berkaitan dengan Islam dan semangat kemerdekaan. Produsen Kubah Masjid Enamel  Kubah masjid memiliki diameter sekitar 45 meter yang melambangkan tahun kemerdekaan Indonesia dan ada juga ukiran “Ayat-ayat Kursi” atau Ayat Tahta dalam bahasa Inggris yang melingkari kubah. Masjid ini juga ditopang oleh 12 tiang yang melambangkan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal.Pada tahun 1961, tiang pertama didirikan oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. Soekarno.

Masjid Istiqlal terletak di Jalan Taman Wiyaja Kusuma, Jakarta Pusat, yang memiliki luas 9,5 hektar. Nama “Istiqlal” diambil dari bahasa Arab yang berarti kemerdekaan. Masjid ini dibangun sebagai wujud rasa syukur masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam atas nikmat Allah SWT yang telah membebaskan Indonesia dari cengkeraman penjajah.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *